Senin, 04 Februari 2013

Penaklukan Kota Mekkah (Sejarah Ringkas Nabi Muhammad SAW)


Pada tahun delapan hijriyah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memutuskan untuk menaklukkan kota Mekkah. Maka, pada tanggal 10 Ramadhan, beliau berangkat bersama puluhan ribu pasukan menuju Mekkah. 

Kaum Muslimin memasuki Mekkah tanpa terjadi peperangan, kaum Quraisy menyerah dan Allah memberikan kemenangan kepada kaum Muslimin. Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam menuju Ka’bah untuk melakukan thawaf dan shalat dua rakaat didalamnya. 


Setelah itu, beliau menghancurkan berhala-berhala yang ada didalam Ka’bah dan sekitarnya. Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa sallam berdiri dipintu Ka’bah sedang kaum Quraisy berbaris di masjid Haram menantikan apa yang akan dilakukan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam .

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada kaum Quraisy; “ Wahai kaum Quraisy, apakah yang akan aku lakukan terhadap kalian? Mereka menjawab:” Kebaikan (engkau) saudara yang baik dan anak dari saudara yang baik pula”. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata:” Pergilah! Kalian telah bebas”. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memberikan teladan yang agung dalam memaafkan musuh-musuhnya yang telah menyiksa, menyakiti, membunuh para sahabatnya, dan mengusir dari kampung halamannya. 

Setelah penaklukkan kota Mekkah, manusia berbondong-bondong memeluk Islam. Pada tahun kesepuluh hijriyah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam melaksanakan haji dan itulah satu-satunya haji yang dilakukan beliau bersama seratus ribu orang, dan setelah itu beliau kembali ke Madinah. (Sumber: Ringkasan Sejarah Nabi Muhammad SAW, Departemen Agama, Wakaf, Dakwah Dan Bimbingan, Kerajaan Saudi Arabia)
(Pekanbaru, Desember 2012)

Tidak ada komentar: