Rabu, 05 Desember 2012

Shalat Di Masjid Salman Bandung


Salah satu tempat yang selalu saya kunjungi di kota Bandung adalah Masjid Salman. Shalat di masjid ini cukup nyaman dan selalu ramai. Kerapian saf, selalu mendapat perhatian dari imam, terutama saf terdepan bagi laki-laki dan saf paling belakang bagi wanita. Perhatian imam agar wanita terlebih dahulu memenuhi saf paling belakang, hanya saya temukan di Masjid Salman, belum pernah saya temukan di masjid lain.
Sebagian besar pengunjung masjid ini adalah generasi muda. Kemungkinan mahasiswa ITB. Ketika berada didalam masjid, anak-anak muda ini banyak yang mengisi waktunya dengan membaca Al-Qur’an. Sebuah pemandangan yang memberi kenyamanan tersendiri.

Menurut informasi dari salmanitb.com, Masjid Salman merupakan masjid kampus yang menjadi laboratorium ruhani bagi masyarakat kampus ITB. Wadah pembinaan insan, pengembangan masyarakat, dan pembangunan peradaban yang

Islami. Berbagai rangkaian program dan kegiatan telah diselenggarakan dan ditujukan untuk setiap kelompok usia, pendidikan, profesi, maupun kegiatan sosial masyarakat pada umumnya, dengan fokus pembinaan pada penciptaan kader-kader yang tangguh dan unggul dari mahasiswa ITB khususnya, maupun masyarakat kota Bandung umumnya hingga kepada Bangsa Indonesia pada akhirnya.

Sebagai bagian dari strategi guna menjalankan program dakwah Islam dan pelayanan umat, maka dibentuk pula lembaga-lembaga profesional beserta program-program unggulannya. Diantaranya, Lembaga Pengembangan Manajemen dan Ekonomi Syariah (LPES) dengan pelatihan Ekonomi Syariah, Lembaga Muslimah Salman (LMS) dengan program Sekolah Pra Nikah dan Parenting Class, dan Lembaga Kaderisasi (LK) membina kader inti mahasiswa yang difasilitasi asrama putra dan putri.
Sebagai lembaga yang fokus pada bidang dakwah, Salman juga membentuk Lembaga Pengembangan Dakwah (LPD) dengan salah satu program unggulannya adalah Rumah Al Quran. Untuk menjangkau objek dakwah dari berbagai kalangan dan strata, dibentuklah Lembaga Media yang menghasilkan produk-produk media massa berupa buletin dakwah, buku seputar ibadah, dan situs internet (www.cybermosque.com). Selain itu, sebagai sarana penunjang dakwah, YPM Salman ITB juga memiliki perpustakaan dan laboratorium komputer.

Tidak ada komentar: