Selasa, 14 November 2017

Mempersiapkan Diri Ketika Berada Di Tanah Suci



Kesempatan dapat menunaikan ibadah haji, sangat didambakan oleh seorang muslim. Sesuai dengan bertambahnya jumlah penduduk dan meningkatnya kemampuan financial, kesempatan itu semakin berkurang. Perlu menunggu bertahun-tahun.
Oleh sebab itu, bagi yang mendapatkan kesempatan ke tanah suci patut memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Tidak hanya dengan mempersiapkan diri sebelum berangkat, tetapi juga mempersiapkan diri ketika berada di tanah suci.
Setelah berada di tanah suci, biasanya ada kerinduan terhadap keluarga di tanah air. Hal ini wajar dan manusiawi. Namun, ada baiknya disadari, bahwa setahu saya jemaah haji tidak dapat pulang sebelum waktunya. Begitu juga sebaliknya, keluarga ditanah air tidak akan dapat ke tanah suci.
Mensikapi kenyataan ini, sebaiknya informasi yang diberikan oleh keluarga, tidak mengganggu kekhusukan jemaah haji beribadah di tanah suci. Bagi jemaah hajipun, pusatkan perhatian dan pikiran untuk beribadah sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya. Urusan keluarga di tanah air, serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT.


Tidak ada komentar: