Rabu, 15 Juni 2011

Jalan Alternatif Kebun Durian-Kampar, Propinsi Riau


Ketika berkendaraan di Jawa Barat, saya selalu berusaha memilih jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang. Hal ini dilakukan untuk memaksimalkan perjalanan. Tidak membosankan dan semakin banyak yang dapat dilihat. Banyaknya jalan alternatif, memberikan kemudahan. Apalagi jika menggunakan sepeda motor.

Kondisi itu berbeda dengan Propinsi Riau. Belum banyak jalan alternatif. Kita tidak punya banyak pilihan ketika melakukan perjalanan. Selalu, ketika pergi dan pulang harus melalui jalan yang sama.

Salah satu  jalan alternatif yang nyaman untuk dilalui adalah  dari desa Kebun Durian  tembus ke jalan raya Pekanbaru-Bangkinang. Desa Kebun Durian terletak di Kecamatan Gunung Sahilan Kabupaten Kampar Propinsi Riau. Sekitar 54 km dari Pekanbaru menuju Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi.

Di km 54 itu, ada pertigaan. Lurus, menuju Taluk Kuantan. Ke kanan, jalan tembus ke km 43 jalan raya Pekanbaru-Bangkinang. Jalan ini panjangnya sekitar 30 km.

Melewati jalan ini, kita dapat menikmati susana pedesaan. Dikiri kanan jalan banyak kebun sawit dan karet. Rumah penduduk masih jarang. Jalanan juga sepi. Jalan ini lumayan bagus dan terawat walaupun ada sedikit kerusakan. Belum ada SPBU.

Pekanbaru, 12 Juni 2011

Tidak ada komentar: